Senin, 05 November 2012

kedokteran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jantung

Jantung adalah Sebuah rongga yang berotot untuk memompa darah melalui pembuluh darah cara kontraksi berirama secara berulang-ulang. Jantung berfungsi untuk meredarkan darah ke seluruh tubuh. Jantung berukuran sekepal tangan. Jantung terdiri atas lapisan endothelium yang merupakan satu otot tunggal. Jantung terletak dibalik tulang dada dan strukturnya berbelok kebawah dan sedikit ke arah kiri. Jantung tertutup oleh selaput ganda (Perikardium) yang tertempel pada (diagfragma). Meskipun sepenuhnya diselubungi oleh paru-paru. Lapisan pertama pada jantung menempel sangat erat pada jantung dan lapisan luarnya lebih longgar dan berair karena untuk menghindari gesekan antar organ dalam tubuh akibat gerakang memompa konstan jantung.

1. superior vena cava
yaitu menerima darah dari kepala, dada, lengan dan empties
kedalam atrium kanan dari hati; dibentuk dari azygos dan kedua
brachiocephalic veins.

2. Pulmonary veins
yaitu salah satu dari dua pulmonary veins (kiri dan kanan) kembali
darah jari rendah dari paru-paru lobes (pembuluh darah pulmanalis rendah).

3. Right atrium
yaitu Setiap ruang yang terhubung ke kamar lainnya atau passageways
(terutama salah satu dari dua atas kamar jantung).

4. Tricuspid valve
yaitu katup dengan tiga cusps; terletak antara atrium kanan
dan hak kamar jantung; memungkinkan darah untuk melewati dari atrium
kamar jantung, untuk menutup dan mencegah backflow bila kamar jantung kontrak (kanan atrioventricular katup).

5. Right ventricle
yaitu Sebuah ruang dari hati yang menerima darah dari atrium dan
pompa ke arteries (kamar jantung hati)

6. Interior vena cava
yaitu Menerima darah rendah dari limbah dan abdominal organ
dan empties ke belakang bagian kanan dari atrium hati; dibentuk dari kesatuan dari dua iliac veins.

7. Interior vena cava
yaitu Menerima darah rendah dari limbah dan abdomunal organ
dan empties ke belakang bagian kanan dari atrium hati; dibentuk dari kesatuan dari dua iliac veins.

8. Aorta
yaitu Besarnya trunk artery yang membawa darah dari kiri kamar jantung dari jantung jantung ke cabang arteries.

9. Pulmonary artery
yaitu Salah satu dari dua arteries (cabang dari pulmonary trunk) yang berkenaan dengan urat darah halus membawa darah dari jantung ke paru-paru (arteria pukmonalis).

10. Pulmonary vein
yaitu Salah satu dari empat veins arterial yang membawa darah dari paru-paru ke kiri atrium dari jantung (pembuluh darah pulmonalis).

11. Left atrium
yaitu Kiri atas dari ruang jantung yang menerima darah dari the pulmonary veins (kiri atrium dari jantung), (atrium sinistrum).

12. Pulmonary valve (or semi-lunar valve)
yaitu Semilunar katup antara kanan dan kamar jantung pulmonary artery; mencegah darah mengalir dari artery kembali ke dalam hati.

13. Mitral valve
yaitu Katup dengan dua cusps; terletak antara atrium kiri dan kamar jantung kiri (gigi seri katup), (kiri atrioventricular katup).

14. Left ventricle
yaitu Di ruang disebelah kiri dari hati yang menerima arterial darah dari atrium kiri dan pompa ke dalam aorta.

15. Cardiac muscle
yaitu Di jaringan otot jantung; disesuaikan untuk terus berirama kontraksi (otot jantung).



Otot Jantung

Otot jantung tersusun dari sel-sel otot yang mirip dengan otot lurik namun otot jantung mempunyai percabangan. sel-sel otot jantung mempunyai banyak inti dan terletak ditengah serabut. Otot jantung bekerja secara teratur, tidak cepat, tidak lambat dan juga tidak mengikuti kehendak kita.

Otot Jantung merupakan otot yang mempunyai keistimewaan yaitu bentuknya lurik tetapi bekerja seperti otot polos. Otot polos yaitu diluar kesadaran atau diluar perintah otak. Kerja otot ini dipengaruhi oleh syaraf autonom. Otot jantung membentuk dinding jantung sehingga jantung bekerja seumur hidup manusia.


1. Muscle fiber
yaitu an elongated contractile sel yang membentuk otot yang tubuh (sel otot), (serat otot).

2. Nucleus
yaitu Inti jantung, pusat, karnel

3. Junction between two cells
yaitu Persimpangan, bergabung, kesatuan sambungan, bersama, konjugasi, penyerobotan, lampiran, ligation, rangkaian, bergabung, berporos, artikulasi, kerut, gusset, tanggam, kedekatan, keketatan, koherensi, kombinasi.


Kardiomiopati dan Gagal Jantung

Kardiomiopati adalah penyakit otot jantung. Dalam kebanyakan kasus, kardiomiopati menyebabkan otot jantung menjadi lemah. Beberapa kelainan medikal menyebabkan berbagai tipe kardiomiopati memepunyai satu persamaan yaitu menurunkan fungsi efisisensi dari otot jantung dan menghilangkan kemampuan jantung untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Ketika jantung tidak dapat lagi memompa cukup darah untuk memenuhi keperluan tubuh, terjadilah apa yang disebut dengan Gagal Jantung.

Tipe-tipe Kardiomiopati
Ada tiga tipe utama dari kardiomiopati yaitu kardiomiopati dilatasi, kardiomiopati hipertrofik dan kardiomiopati restriktif. Mayoritas utama pasien menderita kardiomiopati adalah tipe dilatasi. Jadi, setelah menggambarkan secara singkat kardiomiopati hipertrofik dan restriktif, kita akan konsentrasi pada kardiomiopati pada kardiomiopati dilatasi.

Kardiomiopati hipertrofik adalah kelainan genetik yang menyebabkan pertumbuhan yang berlebihan dari sel-sel otot jantung didalam bilik jantung. Kelainan ini yaitu penebalan dari otot jantung dapat menimbulkan persoalan tentang memompa darah yang cukup ke organ-organ tubuh dan dapat berpotensi menyebabkan aritmia jantung yang fatal.

Kardiomiopati retriktif adalah keadaan yang jarang dimana otot jantung diinfiltrasi dan dibuat kaku oleh sel-sek abnormal, protein dan jaringan sayat. Bilik jantung yang kaku akan membatasi kembalinya darah kejantung menyebabkan darah terbendung diorgan-organ tubuh. Penyebab paling umum kardiomiopati restriktif adalah amyloidosis, suatu penyakit dimana suatu substansi seperti protein tersimpan didalm jaringan tubuh. Pentebab lain termasuk sarcoidosis dan hemo chromatosis.

Pada kardiomiopati dilatasi ( sering juga disebut kardiomiopati kongestif atau gagal jantung kongestif) otot jantung yang sebelumnya normal menjadi rusak, menyebabkan pelemahan dinding-dinding dari ruang-ruang jantung. Untuk mengkompensasi pelemahan dinding-dindingnya yang berotot maka ruang-ruang jantung akan membesar. Pelemahan dan pembesaran otot-otot jantung akhirnya menyebabkan gagal jantung.

Penyebab kardiomiopati dilatasi

Ada banyak sekali penyebabnya karena hampir segala yang dapat merusak otot jantung dapat menyebabkan kardiomiopati dilatasi.

Penyebab yang paling umum dari kardiomiopati dilatasi di negara maju adalah penyakit jantung koroner. Serangan jantung menyebabkan kematian dari otot jantung oleh tersumbatnya arteri koroner. Ketika kerusakan terlokalisir didaerah otot yang disuplai oleh arteri ini, dalam beberapa bulan keseluruhan dari bilik kiri jantung membesar untuk mengkompensasi kerusakan yang terjadi. Dengan serangan jantung yang ringan, jumlah dari pembesaran bilik adalah kecil (minimal). Tetapi dengan serangan jantung yang berat (besar) atau dengan serangkaian serangan jantung ringan, kardiomiopati dilatasi menjadi sangat ekstensif dan gagal jantung dipastikan.

Penyebab umum yang lain dari kardiomiopati dilatasi adalah radang (inflamasi) dari otot jantung, suatu kondisi yang disebut miokarditis. Miokarditis paling umum disebabkan oleh infeksi virus, tapi bisa juga disebakan oleh infeksi bakteri dan oleh penyebab bukan infeksi seperti lupus dan penyakit radang lainnya.

Alkohol adalah penyebab lainnya dari kardiomiopati dilatasi. Pada beberapa pasien (kemungkinan ditentukan oleh genetik) alkohol dapat menjadi racun yang kuat untuk otot jantung langsung merusak sel-sel jantung.


Kanker Otak

Kanker otak dapat disebabkan berbagai macam faktor. Otak merupakan organ tubuh penting yang bertugas mengatur segala aktivitas tubuh manusia. Baik secara sadar atau tidak, dalam satu detik ada ribuan hal yang terjadi dalam otak.

Setiap bagian otak memiliki fungsi yang berbeda sehingga memungkinkan otak untuk melakukan multitasking. Setiap bagian otak tersebut bisa terkena tumor/kanker yang berbahaya dan merusak fungsi serta struktur susunan saraf pusat.

Kanker Otak, Penyebab dan Pencegahannya

Penyebab kanker otak

Penyebab kanker otak secara umum dibagi menjadi dua kategori. Pertama, faktor dari dalam diri sendiri dan yang utama adalah faktor keturunan. Jika anggota keluarga memiliki riwayat menderita kanker otak, maka memperbesar peluang Anda terkena penyakit ini.

Pemicu lain terjadinya kanker otak ialah Anda memiliki riwayat benturan (kepala pernah terbentur). Benturan ini dapat menyebabkan trauma pada jaringan otak dan menyebabkan tumbuhnya jaringan abnormal dalam otak lalu berkembang menjadi kanker otak.

Kedua, faktor dari luar umumnya berupa makanan dan radiasi. Pola hidup tidak sehat seperti merokok, makanan berlemak, kurang serat, lalu menggunakan minyak goreng yang digunakan berulang-ulang, bahan kimia yang termakan dapat menjadi penyebab kanker otak. Waspadai juga mengonsumsi obat-obatan tertentu yang diminum secara terus-menerus karena memperbesar potensi terkena kanker.

Ciri-ciri dan Gejala Kanker Otak

Ciri-ciri awal kanker otak sangat bervariasi tergantung bagian otak mana yang terserang. Berikut ini beberapa gejala yang perlu Anda waspadai:

· Sakit kepala disertai mual sampai muntah yang menyemprot

· Berkurangnya daya penglihatan

· Kesadaran menurun atau terjadi perubahan prilaku

· Gangguan berbicara

· Gangguan saraf

· Pendengaran terganggu

· Gangguan keseimbangan tubuh sehingga terkadang mempengaruhi cara berjalan

· Anggota gerak melemah atau kejang

· Pada bayi, biasanya ubun-ubun besar menonjol

Walaupun Anda mengalami satu atau lebih gejala di atas, belum tentu terkena kanker otak. Lakukan pemeriksaan langsung oleh dokter ahli saraf untuk mendapatkan hasil pasti. Anda pun diharuskan menjalani pemeriksaan lanjutan seperti CT scan, MRI, angiogram, myelogram, spinal tap dan biopsi.

Pencegahan kanker otak

Penyakit kanker menyebabkan perubahan pada sel sehingga sel membelah tidak terkendali dan menyerang di sekitar sel abnormal tersebut. Sel tersebut bisa juga berpindah ke jaringan tubuh lainnya mengikuti sirkulasi darah. Dan sampai saat ini belum ditemukan metode untuk menyembuhkan sel abnormal tersebut.

Satu-satunya jalan ialah dengan membuang jaringan abnormal tersebut. Seperti halnya pada kanker payudara yang jika terdeteksi sedari dini, jaringan yang bermasalah dapat dibuang. Namun hal ini tidak berlaku pada kanker otak.

Jika sel kanker sudah menyebar ke bagian otak yang vital, tidak ada cara untuk membuang sel abnormal tersebut. Lakukan pencegahan sebelum terlambat dengan cara berikut ini :

· Hindari aktivitas beresiko tinggi yang dapat memperbesar resiko kepala terkena benturan atau trauma. Pastikan selalu menggunakan helm ketika naik sepeda motor ataupun sepeda.

· Hindari rokok.

· Perbanyak mengonsumsi buah-buahan mengandung antioksidan seperti jeruk, kismis, starwberry, kurma dan lainnya. Zat antioksidan mampu melancarkan peredaran darah dari dan ke otak sehingga mencegah penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah.

· Jauhi makanan berlemak dan memperbanyak makanan berserat.

· Jangan menggunakan minyak goreng yang dipakai berulang-ulang.

· Jauhi benda berkadar radiasi tinggi. Paparan radiasi dalam level tertentu bisa memicu berkembangnya sel abnormal.

· Istirahat yang cukup dan olahraga secara rutin.

Segera periksakan ke dokter ahli ketika Anda mencurigai terkena gejala-gejala kanker otak. Mulailah melindungi diri Anda dan keluarga dengan menjalani gaya hidup sehat.